Kamis, 29 April 2010

HAKIKAT PESERTA DIDIK

A. Pengertian peserta didik


Dalam masyarakat,ada beberapa istilah yang di gunakan untuk menyatakan peserta didik,seperti siswa,murid,santri,pelajar,mahasiswa,dansebagaiya. istilah siswa,murid,dan pelajar,umumya digunakan untuk menyatakan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar sampai sekolah menengah.

sedangkan peserta didik pada tingkat pendidikan tinggi atau akademi,disebut mahasiswa.adapun istilah santri digunakan untuk mengatakan peserta didik yang menuntut ilmu di pondok pesantren. (W.J.S. Poerwadarminta 1976:664 dan 955).
dalam bahasa arab digunakan istilah tilmidz untuk menyatakan peserta didik pada tingkat pendidikan dasar sampai menengah. sedangkan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi dikenal dengan istilah talib atau talib jami'iy (Abdullah bin nuh dan oemar bakri 1981 : 269).
adapun yang dimaksud dengan peserta didik atau anak didik dalam pengertian-pengertian umumnya adalah tiap orang atau sekelompok orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.
dalam undang-undang No.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional,bab 1 pasal 1 ayat 4, dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan peserta didik ialah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
anak didik dalam pendidikan islam adalah anak yang sedang tumbuh dan berkembang ,bsik secara fisik maupun secara psikologisuntuk mencapai tujuan pendidikan melalui lembaga pendidikan (Muhaimin dan abdul mujib 1993 :137).
definisi memberi arti bahwa anak didik merupakan anak yang belum dewasa yang memerlukan orang lain untuk menjadi dewasa. anak kandung adalah anak didik dalam keluarga,murid adalah anak didik di sekolah,anank-anak penduduk adalah anak didik masyarakat sekitarnya,dan anak-anak umat beragama menjadi anak didik rohaniwan agama.
dari pengertian dan berbagai istilah diatas,dapat disimpulkan bahwa peserta didik merupakan orang-orang yang sedang memerlukan pengetahuan atau ilmu,bimbingan,maupun arahan dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar